Sabar-Delayed Gratification

Sabar adalah 5 huruf yang mempunyai makna yang cukup mendalam. Sejatinya kita hidup maka sabar adalah bagian dari kehidupan kita artinya lagi adalah suka ataupun tidak, Allah akan menguji kesabaran kita bisa kapanpun dan dimanapun. Jujurnya saja kita sering tidak mampu menghadapi segala ujian kesabarann. Kita sering gagal. Iya kita belum begitu memahami mengapa kita harus sabar

Setidaknya ada 14 kali Allah memamparkan tentang kesabaran di dalam Al quran. Bukan jumlah yang sedikit. Kalau the ultimate hadiah dari sabar adalah surga, maka mengapa sampai sejauh ini kita tidak ataupun kurang sabar dalam menghadapi segala ujian masalah hidup?

Menarik sekali ketika saya membaca sebuah artikel tentang delayed gratification. Delayed gratification sendiri lebih kepada sikap kita menahan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Konsep psikology ini awalnya di paparkan oleh seorang professor walter Mischel dari Stanford University dengan Marsmallow Experiment. Di percobaan tersebut anak anak di berikan kebebasan untuk mengambil marsmallow yang telah disajikan dalam sebuah ruangan dan peneliti akan pergi selama 15 menit. Bagi yang tidak mengambil/menahan untuk mengambil Marsmallow sampai peneliti kembali maka anak tersebut akan mendapatkan dua marmallow. Ada reward dari setiap kesabaran.

Namun hal menarik lainnya adalah penelitian itu berjalanan sampai 40 tahun dengan melihat apa pengaruh anak yang dengan sabar tidak mengambil marsmallow dengan kehidupan sukses mereka. Mencenangkan bahwa anak yang bisa bersabar mempunyai test score SAT yang tinggi, sedikit obesitas, mempunyai sosial skill yang bagus. Dan hidup mereka lebih sukses dengan yang tidak bersabar. 

Kita setuju bahwa kesuksesan itu datang ketika kita memilih hidup dibawah kedisiplinan dari gangguan gangguan yang kita hadapi. 

Mengapa di awal saya menyebutkan ayat alquran tentang kesabaran. Apa hubungannya dengan delayed gratification. Betapa banyak doa kita yang tidak langsung di ijabah oleh Allah. Apa maknanya kalau bukan Allah mengajarkan kita dengan kesabaran untuk mendapatkan sesuatu itu butuh waktu. Mengapa banyak keinginan kita yang tidak langsung dikabulkan Allah, maka kita juga akan menyadari bahwa Allah akan memberikan sesuatu yang lebih baik dari keinginan kita. Selalu ada reward dari setiap kesabaran. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s