/the things we complain about

12804864_10153324909156512_5573847763988775986_n
Enter a caption

“When life gets hard to try to remember. They life you complain about is only a dream to some people”

Seberapa banyak kita mensyukuri kehidupan kita di pagi ini: yang masih sehat, bisa sarapan dengan keluarga, punya motor bisa ke kantor, masih punya kerjaan. Saya belum begitu yakin kita mampu mensyukuri dengan apa yang kita punya hari ini, karena kita sering kali mengajari diri ini untuk tidak mensyukuri dengan apa yang kita punya, hanya karena fokus kita terlalu sering dengan yang tidak kita punya.

Namun, kita sering tidak menyadari bahwa kehidupan kita sekarang yang sering kita keluhkan setiap saat adalah sebuah kehidupan impian orang-orang di luar sana yang sedang berjuang untuk mendapatkan seperti kita. Namun kita sering melupakan itu.

Dan kita juga sering lupa bahwa, pekerjaan yang kita punya sekarang yang juga sering kita keluhkan akan adalah pekerjaan impian bagi orang-orang di luar sana. Sesekali baiknya kita melihat kiri kanan, lihat mereka yang bekerja pontang panting untuk keluarga mereka. Sesekali baiknya kita bertanya dengan orang-orang yang temui di jalan, bagaimana mereka bekerja keras untuk sesuap nasi.

Sesekali baiknya kita berfikir, apakah pekerjaan yang kita sering keluhkan sekarang adalah pekerjaan yang dulunya kita impikan? Kalau iya, kenapa sekarang mulai mengeluh dengan sedikitnya penghargaan, sedikitnya gaji yang kamu dapat, dan sedikitnya lembur yang di bayar. Dimana rasa syukur kita? Saya tidak mengajarkan apatis dengan keadaan, namun ketika pemberontakan hati ini terus kita biarkan merajalela, pekerjaan sehebat dengan gaji miliyaran rupiahpun tidak akan pernah memberikan kepuasan kepada kita, hanya karena kita mengejar jumlah bukan nilai.

Saya tidak perlu memperpanjang tulisan saya dengan contoh-contoh lain, kita cukup berpikir saja sekarang bahwa Allah meyakinkan kita bahwa ketika syukur itu tidak pernah ada maka jangan salahkan hati kita yang setiap hari semakin sempit melihat dunia ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s