/ketika akhirnya aku memilih untuk pergi

Genap setahun aku tidak menulis, hanya karena aku memilih tidak menulis, namun di saat yang sama aku mempunyai kesempatan banyak dan besar untuk menulis. Begitu juga akhirnya aku memilih untuk pergi, ketika sebenarnya aku masih bisa memilih untuk bertahan. Iya, hanya ingin pergi saja, iya pergi karena ketika disana tidak ada lagi yang bisa di harapkan.

Genap setahun lebih aku sudah “berhijrah” ke Jakarta. Hmmm sepertinya aku tidak begitu suka mengatakan kata hijrah. Terkesan begitu formal, begitu sakral dan begitu serius. Aku hanya pergi sebentar saja kok, hanya itu. Suatu saat aku juga aku akan kembali. Kapan itu? Aku tidak tahu.

Iya Jakarta namanya, kota besar, kota impian, dan penuh harapan. Ahhh, aku terlalu baik rupanya untuk kota Jakarta ini. Bagi sebagian, Jakarta adalah kota impian, dan sebagian yang lain Jakarta adalah kota yang memuakkan. Anda cukup mengerti maksud saya, bukan? Betapa tidak, panas bak neraka, macet merajalela, masyarakat semakin tidak ramah, dan udara bersih hampir tidak ada. Dengan semua ketidaknyamanan ini, aku tetap memilih kota ini? Ini pilihan.

Manusia adalah makhluk sosial yang ingin di hargai. Begitu juga aku, kamu dan siapapun itu. Ketika kita tidak dihargai, dan akhirnya kita berhak memilih pergi. Iya pergi saja, banyak orang-orang diluar sana yang masih bisa menghargai kita.

Kita juga makhluk sosial yang ingin di puji. Begitu juga aku, kamu dan siapapun itu. Ketika kita tidak pernah di puji, dan akhirnya jangan salahkan kita juga ketika akhirnya kita memilih pergi.

Kita juga makhluk dengan tingkat emosi yang bervariasi, ketika emosi masih bisa kita tahan, dan berujung dengan kesabaran. Maka bertahanlah sejenak, namun, ketika kesabaran itu sudah habis, maka pilihlah untuk pergi.

Banyak alasan Allah mengajarkan kita untuk ‘hijrah’ yaitu kamu tahu siapa yang setia menunggumu di depan pintu disaat Engkau kembali.

Leave a Reply

