Bersabarlah atau cari yang lain

Hidup di dunia memang tidak ada tawar menawar. Kalau mau di ambil kalau tidak maka tinggalkan. Kalau suka dilanjutkan kalau tidak ditinggalkan saja. Kalau ingin beli kalau tidak tunggu. Kalau kamu mencintai seseorang maka nikahilah kalau tidak tinggalkan anak orang. Kita diberikan kesempatan untuk memilih. Apapun itu bentuknya.  Bahkan ketika orang lain menyakiti hati kita sekalipun. Kita tidak akan terasa tersakiti kalau kita memilih untuk tidak tersakiti. Tidak ada satupun yang membuat kita terhina kalau kita tidak membuat kita hina di mata orang lain. Semudah itukah? Iya mudah banget sebenarnya untuk hidup didunia ini. Benar seperti kata orang-orang dahulu bahwa hidup ini pilihan. Bahkan Tuhan sendiri memberikan kita pilihan untuk hidup. Surga atau negara. Baik atau Jahat. 

 Image

Sebuah quote sederhana dari Mario Teguh yang saya baca dari Page-nya Mario Teguh yaitu Bersabarlah atau cari yang lain. Kalimat ini yang singkat, padat, dan penuh makna ini akhirnya membuat saya menuliskan sebuah note tentang ini. Jelas sekali disini bahwa hidup ini selalu memberikan kita dua opsi. Iya atau tidak. Negatif atau positif. Suka atau tidak. Jalani atau tinggalkan. Mengeluh atau bersabar. Semua pilihan itu kita sendiri yang menentukan. Memang sih tidak semudah itu langsung memilih, apalagi kalau kita hidup dalam dilema yang sangt pelik ketika harus memilih diantara dua pilihan yang menurut kita harus kita pilih dua-duanya. Tapi harus kita sadari kita tidak bisa memilih dua hal dalam satu waktu karena kita tidak akan pernah mendapatkannya.

Kondisi seperti Anda mendapatkan beasiswa misalnya. Anda ingin sekali mengambil beasiswa yang Anda dapatkan,  tapi suami saya tidak mengizinkannya. Banyak dari kita hidup selalu dalam dilema yang bimbang untuk memilih. Tapi lagi dan lagi.  Siapa yang akhirnya bisa memutuskan sebuah keadaan yang kita rasakan kalau bukan kita sendiri.

Dunia bisa mengatakan apa saja kepada Anda. Kondisi Anda bisa sejelek apapun. Lingkungan Anda bisa mempengaruhi Anda dengan apapun maunya mereka. Tapi tidak ada satupun di dunia ini yang mampu mengubah pola pikir atau keputusan kita kalau bukan kita yang mengubahnya sendiri. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang mampu mengubah sikap Anda kalau Anda tidak mengubahnya sendiri. 

Maka kalau Anda tidak suka dengan pekerjaan Anda, jangan pernah mengeluh. Anda bersabar atau cari penganti yang lain. Tunjukkan pada dunia bahwa Anda hebat bahwa hidup Anda tidak hanya mengeluh saja. Kalian mampu. Kalau Anda tidak suka dengan motor Anda, maka jangan pernah mengeluh. Bersabarlah dengan apa yang Anda punya atau cari motor baru. Kalau Anda tidak suka tinggal di kota Anda. Jangan remehkan atau ceritakan hal-hal yang buruk kepada orang lain. Pergi atau tinggallah ke kota lain atau Anda harus bersabar. Kalau Anda tidak suka dengan pendidikan di Indonesia. Jangan hina-hina pendidikan di Indonesia. Bersabarlah atau Anda pergi ke negara lain yang pendidikannya lebih maju lagi.

Kita sering mengeluh dengan keadaan dimana sebenarnya kita bisa pergi dari keadaan itu. Kita sering mengeluh dengan seseorang padahal kita bisa menghindar dari orang itu. Kita sering mengeluh dengan station TV yang menayangkan program yang tidak jelas ketika Anda punya hak untuk memilih TV swasta yang lain. Kita sering mengeluh dengan kondisi hari-hari Anda yang membosankan padahal disaat yang sama Anda masih bisa memilih hari-hari Anda yang lain yang lebih menyenangkan. 

Hidup ini cuma dua: bersabarlah dan bersyukurlah dengan kehidupan Anda atau cari pengganti yang lai

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s