Anak kita tumbuh dengan bakso goreng?

Hampir setiap hari saya melewati sekolah dasar itu karena posisinya bersebelahan dengan mesjid yang sering saya kunjungi. Hari itu jam menunjukkan 1 siang lebih beberapa menit  dimana waktunya pulang membebaskan segala aktifitas di sekolah. Saya melihat kebanyakan orang tua berbondong-bondong menjemput anak mereka di SD tersebut. Saya melihat ada beberapa siswa yang sedang jajan di depan sekolah, mungkin saja sembari menunggu jemputan dari orang tua mereka. Awalnya saya tidak begitu ngeh dengan apa yang mereka makan, akan tetapi akhirnya saya menyadari mereka sedang makan makanan yang tidak sehat untuk pertumbuhan jiwa dan raga mereka.

Sebut saja bakso goreng, bakso bakar, burger, es cendol, es krim, gorengan, tahu goreng, mie, dan banyak sekali makanan yang di jual persis di depan sekolah mereka, dan itu artinya kalau kita berbicara izin jualan atau lisensi mereka tidak punya untuk berjualan di situ. Dari segi nutrisi dan olahan siapa yang bisa menjamin yang membuatnya menjaga higienis dan kualitas makanannya.

Kedatangan mereka yaitu para penjual itu selain meramaikan makanan jajanan untuk siswa dan juga menjadi lahan rejeki bagi mereka.Tidak salah akan kedatangan mereka, karena Allah telah menentukan rejeki mereka di sekolah itu, akan tetapi ada sebuah permasalah lain yang penting kita perhatikan yaitu apakah anak kita berhak makanan seperti itu?  Belum lagi kantin resmi sekolah yang menjual snack yang mungkin saja pihak sekolah tidak memikirkan berapa bagus nutrisi untuk di konsumsi bagi anak-anak, selain memikirkan keuntungan saja.

Anggap saja siswa di SD tersebut bersekolah selama 6 tahun. Selama 6 tahun mereka mengkonsumi makanan yang tidak bernutrisi? No way!!! Dan pertanyaan saya adalah bagaimana kita bisa membiarkan anak-anak kita tumbuh dengan makanan jajanan yang tidak sehat? Dimana peran sekolah atau orang tua untuk itu? Apakah sekolah membiarkan ini terus berlanjut, apakah orang tua memberikan uang jajan sebanyak-banyaknya dengan maksud memberikan kebebasan untuk anak mereka berjajan dengan sepuasnya?

Berbicara makanan jajanan, maka kita akan berbicara sebuah kelezatan dan enak. Hampir kebanyakan makanan yang tidak bernutris terasa enak di mulut dan rasa kecanduan itu semakin menjadi-jadi ketika kita sudah mencoba sekali saja. We are what we eat. Begitulah beberapa para ahli mengemukakan. Kalau kita tahu bahwa makanan jajanan itu tidak bagus di konsumsi secara rutin, dan apakah kita akan membiarkan anak kita makanan itu selama mereka bersekolah? Disini letak kekuatan kita sebagai orang tua dalam pengontrolan makanan yang di makan oleh anak kita.

Ketika ibu hamil, maka kita akan memilih makanan yang bergizi untuk calon si bayi kita supaya kita harapkan ketika melahirkan bayi kita nanti mempunyai kecerdasan yang lebih dari pada yang lain. Akan tetapi, mengapa kita tidak bisa membuat sebuah konsistensi untuk makanan yang anak kita makan supaya mereka bisa makanan yang bergizi ketika mereka sedang berada di sekolah. Apa yang kita harapkan dari generasi kita sekarang kalau mereka tumbuh dengan makanan bakso goreng?

Saya juga tidak bisa menghakimi bahwa semua sekolah seperti ini. Tetapi, pengalaman saya sekolah dan mengajar di beberapa sekolah menujukkan bahwa sedikit sekali kantin sekolah menyediakan makanan yang bernutrisi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, protein, karbohidrat, dan vitamin yang seimbang. Artinya sekolah tidak bisa menyediakan makanan yang memberikan makanan yang seimbang untuk anak-anak mereka

Jadi bagaimana solusinya?

Percaya atau tidak, pintarnya anak atau tidak sangat tergantung dari makanan yang dia makan. Sekolah harus lebih hati-hati lagi dalam hal ini. Mungkin ini di anggap sepele oleh sebagian orang akan tetapi yakinlah tidak ada generasi yang sehat kalau mereka tumbuh dari kehidupan yang tidak sehat pula. Sekolah dan orang tua mempunyai peran yang sangat luar biasa untuk ini semua.

Generasi yang bagaimana yang kita harapkan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s