Limbo

Sebelum banyak menjelaskan banyak tentang arti limbo, mari kita lihat arti limbo di dalam bahasa inggris: an uncertain period of awaiting a decision or resolution, yaitu masa penangguhan keputusan atau penyelesaian dalam waktu yang tidak di tentukan, yaitu masa di gantungnya keadaan kita kedalam ketidak pastian.

Kenapa saya membahas kata limbo kali ini, menurut saya ini cukup bagus kalau kita koneksikan dengan kehidupan kita selama ini. Manusia tidak suka digantung oleh keadaan-apapun itu keadaannya. Katakan iya kalau itu iya, katakan tidak kalau itu tidak, mungkin itu prinsip yang umumnya di miliki oleh manusia. Banyak yang bisa kita ambil contoh dalam hubungan seseorang. Apalagi si pria mengantungkan si wanita dalam waktu tidak menentu. Itu sangat menyakitkan.

Kalau Limbo kita bawa ke dalam kehidupan kita di dunia ini. Maka kita akan mengatakan bahwa kita butuh suatu kepastian hidup, bukan hidup yang buram dan tidak jelas apalagi kalau berbicara tentang kepastian masa depan. Tetapi prinsip hidup yang telah diatur sama Allah bukan seperti apa yang kita ingin.

Dalam beberapa firman Allah, Allah memberikan sedikit gambaran tentang hidup ini. Ada saat yang tetap untuk orang yang tetap. Ada saatnya kita hidup dan ada saatnya mati. Ada saatnya kita menangis dan saatnya ketawa. Itu sebuah kehidupan yang jelas sekali dari Allah, dibalik kesedihan maka akan ada kebahagian. Tetapi sepertinya kita masih ragu dengan kehidupan yang sudah benar-benar jelas diberikan Allah kepada kita. Kita “seolah-olah”sering mendapat keraguan hidup yang kita jalani. Kita sering merasa sedang berjalan di sebuah jalan yang penuh kabut, sehingga tidak bisa memutuskan jalan mana yang harus di laluinya.

Apalagi ketika ada masalah hidup, kita berdoa kepada Allah, tetapi Allah sering menangguhkan doa kita untuk waktu tertentu. Ingat! bukan tidak di jawab semua doa kita, tetapi semua permintaan kita akan di jawab pada saat dengan orang yang tepat. Manusia bersifat tergesa-tergesa.

Saya sering menulis tentang  kehidupan di beberapa artikel  di blog ini, bahwa  Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk belajar apapun dalam kehidupan ini. Mungkin singkatnya Allah ingin kita menjadi long-life learners, orang yang belajar selama hidupnya. Penangguhan keputusan atau resolusi dari Allah akan masalah kita sebenarnya seperti yang saya katakan untuk memperkayakan hidup ini, menjadikan kita semakin bijak dan mantap menjalani kehidupan kita kedepan dengan sempurna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s