Revolusi?

Tanpa kita sadari kita masih saja berevolusi dan ber-revolusi. Tetapi sering kita merasa perubahan itu jarang terjadi atau bahkan sering terasa kecil. Kita tidak begitu yakin kalau kita berubah sampai suatu ketika umur kita menanjak satu. Kita tidak yakin, mungkin, dengan perubahan sel-sel di dalam kulit kita, sampai suatu saat kita melihat kekeriputan melanda tubuh kita yang indah. Kita tidak begitu yakin dengan perubahan pola pikir kita sampai satu ketika Anda menemukan satu gagasan baru yang belum pernah terpikir sebelumnya. Evolusi dan revolusi berubah beriring berubahnya manusia.

Makhluk hidup tercipta dengan tidak statis yaitu dinamis. Dinamis yang tidak akan stagnan dengan satu kondisi mampun waktu. Ilmu pengetahuan itu dinamis dan akan terus ber-revolusi mengikuti waktu dan keadaan. Aneh mungkin kalau melihat manusia yang hidup di zaman modern akan tetapi pikirannya masih klasik. Boleh memegang pendirian, akan tetapi pendirian kita juga harus sesuai dengan perkembangan zaman sekarang. Setiap detiknya kita ternyata sedang menuju keperubahan yang satu ke yang lain.

Revolusi yang paling besar dan mungkin yang sangat phenomenal bagi saya adalah ketika kita mengenal dengan namanya “teknologi”. Perkembangannya ternyata bukan seperti siput berjalan akan tetapi bak roket melejit. Cepat dan sangat cepat sekali. Teknologi telah merubah manusia menjadi makhluk sangat praktis. Dulunya lambat menjadi cepat. Dulunya kuper menjadi gaul.

Berbicara teknologi maka tidak asyik kalau kita tidak berbicara internet, karena internet menjadi penemuan terbesar di abad 21. Internet memberikan kontribusi yang sangat besat akan sebuah perkembangan dan perubahan bagaimana orang mendapatkan ilmu pengetahuan yang tidak hanya melalui buku-buku, sekolah, atau system pendidikan formal lainnya. Orang akan bisa mendapatkan ilmu dengan hanya bermodalkan layar persegi empat. Dari yang tidak mungkin ada menurut kita, internet ternyata sudah menyediakannya duluan. Bahkan beberapa kampus di beberapa negara memanfaatkan internet sebagai alternatif lain untuk pendidikan. Mereka merubah paradigma tentang pendidikan yang kita lihat sekarang yaitu ke sekolah, ke kampus, bertatap muka dengan dosen, buat tugas, berinteraksi dengan teman-teman. Akan tetapi mereka mencoba melakukannya serba virtual yaitu artinya mahasiswa hanya bermodalkan satu laptop dan internet untuk mengantikan semua kegiatan dalam kehidupan nyata.

Internet, bagi saya, bukan hanya sekedar tempat untuk mendapatkan segala informasi tetapi lebih kepada satu bentuk munculnya “peradaban baru” dalam bentuk virtual. Semuanya menjadi satu klik untuk mengetahui apapun dalam kehidupan ini. Dan ini tidak terlepas dari bagaimana mesin google yang berfungsi sebagai mesin pencari atas segala informasi yang ada. Masalah yang timbul sekarang adalah dengan maraknya social networking, yang konon katanya sama candunya dengan menghisap rokok, orang-orang banyak menghabiskan waktu disana sehingga fungsi internet yang lainnya terabaikan.

Internet telah mengikat kita, membawa kita kedalam sebuah alam yang tidak sadar. Kita tidak boleh tidak ada tanpanya. Atau lebih tepatnya kita telah kecanduan akan benda itu.

Internet ataupun teknologi yang ada sekarang telah mengubah manusia yang dulunya bersosial tinggi menjadi terisolasi dengan dunianya sendiri. Dulunya suka berbicara sekarang hanya mengirim email atau message. Mau atau tidak kita harus menerima kenyataan seperti ini. Jangan bicarakan orang lain dulu, mungkin saja kita juga sudah mulai kearah itu. Semua bisa menjadi tambah buruk ketika tidak ada pengontrolan dan kesadaran untuk mengubah.

Untuk kedepan revolusi akan terus ada, tidak hanya internet bahkan. Pikiran manusia juga terus berevolusi, ketika tidak ada pengukuhan kesadaran dalam diri kita maka revolusi yang kita harapkan bisa membuat hidup kita lebih baik bisa bisa menjadikan kita terpuruk dengan apa yang ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s