Ikhlaskanlah!!!

Lagi, hari ini terasa menjalani hari begitu gelisah dan terasa jauh dengan Allah. Seolah-olah merasa Allah tidak ada dan tidak akan membantu di dalam semua masalah kehidupanku. Benar apa kata temanku, kita belum cukup ikhlas menjalani kehidupan ini. dengan mudah nya kita tersungkur karena hanya kita gagal dan lelah dalam menjalani hari-hari kita. Mengapa kita begitu mudahnya yakin bahwa seolah-olah kita mampu menjalani kehidupan ini sendiri. Kita dengan gampangnya mengenyahkan Allah dalam diri kita. Nauzubillah.

Ikhlas  yaitu kata yang terdiri dari 6 huruf tetapi dampaknya begitu mengerikan. Apa kehebatan ikhlas itu? Allah sudah dengan jelasnya mengatakan bahwa. Orang ikhlas semua kehidupannya ada di tangan-KU, bahkan iblis sekalipun  tidak berani mendekati orang Ikhlas. Apakah begitu susahkah kita mendapatkan keikhlasan dalam hidup ini? Kalau seandainya iya, mengapa Allah menciptakan keikhlasan itu? Apa yang salah dalam pencarian keikhlasan dalam hidup ini. Apakah kita belum begitu mencurahkan kemampuan kita untuk menjadi manusia yang ikhlas? Atau kita masih begitu banyak kehijaban sehingga menutup segala hikmah yang ada. Astagfirullah!

Semua jawaban itu bisa mungkin.

Jadi sebenarnya gampang sekali kalau kita mau jadi pribadi yang ikhlas. Coba untuk tidak melawan semua apa yang terjadi di dalam diri kita, apapun itu. Yakinkan bahwa  dorongan hidup bukan kita yang jalani, semua itu dorongan dari Allah. Ingat, kehendak, kemauan, dan kegiatan kita itu dari Allah. Kita hanya menjalani setiap harinya yang terlihat seolah-olah semua kemauan dan kehendak itu kita yang buat. Sebenarnya kalau kita mau melihat lebih dalam lagi bahwa Allahlah yang menggerakkan semua keinginan dalam kehidupan kita. Jadi, kita biarkan saja apa yang terjadi dalam kehidupan kita, kita ibarat di atas perahu mengikuti kemana arah arus membawa. Semakin kita melawan arus maka semakin susah kita mendayungnya, toh arus biasanya akan membawa kita ketempat yang lebih tenang.

Ketika kita sudah di dalam perahu, apakah kita bisa menahan perahu itu tidak pergi? Apakah kita dengan mudahnya menahan arus untuk tidak melaju?  Mustahil bisa barangkali. Ketika kita sudah berada didalam perahu mau ataupun tidak kita harus siap di bawa pergi kemana saja arus membawa. Begitu juga dengan kehidupan kita, ketika kita berada di dalam dunia ini, mau ataupun tidak kita harus mau mengikuti semua permainan Allah. Seperti arus membawa kita kemana melaju, begitu juga Allah membawa kita kemana arah yang lebih baik. Bedanya, didalam kehidupan kita Allah selalu mencari arah atau pun solusi yang paling indah kepada manusia. Manusia saja yang kurang memahami itu.

Memang benar, ketika kita mau menerima apa yang Allah persiapkan kepada kita, semua menjadi aman-aman saja dalam menjalani kehidupan ini. Tidak ada rasa gelisah dan khawatir karena Allah selalu bersama kita membantu kita sampai kapan pun. Tidak ada rasa bosan menjalani kehidupan ini, karena hidup selalu bertujuan. Untuk mendapatkan tujuan, Allah menciptakan proses-proses untuk kita tempuhi, terkadang kita begitu muak dan bosan menjalani proses itu karena kita tidak tahu kemana tujuan yang Allah inginkan dari kita. Tidak pernah merasa mengeluh dengan kehidupan karena kita yakin bahwa kita mendapatkan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan,  kita terlalu banyak berangan-angan dalam kehidupan ini. Berpikir yang tidak ada sama  seperti memikirkan masa depan yang tidak pasti.

Ikhlas adalah jalan satu-satunya untuk kita bisa hidup tenang dalam kehidupan ini. Mari kita ikuti semua permainan Allah, pasti permainan yang begitu tertantang dengan masih batas kemampuan kita. Ingat, semua terjadi karena tujuan. Tujuan apa itu? Hanya Allah dan kita yang tahu. Waktu juga akan menjelaskan semuanya  mau apa kita dengan kehidupan ini.

Ya Allah, tanpa Engkau, rasa ikhlas ini tidak pernah ada.
Ya Allah, tanpa Engkau, tujuan hidup kami akan sangat berantakan.

Maafkan kami kalau kami masih saja belum mau untuk menilik Engkau lebih dalam lagi untuk mendapatkan segala hikmah hidup ini.

Annex Library, 12 malam tepat, July 20/2011
Insya Allah selalu dalam lindungan Allah.

Advertisements

4 thoughts on “Ikhlaskanlah!!!

  1. hmm, bener banget.. dan ketika kita sedang mengeluh atas keadaan yang tak sesuai dengan harapan, harusnya saat itu kita juga mengingat atas berbagai macam nikmat yang udah Allah kasih secara cuma-cuma.. nice post kak..!!

    lama tak kesini, udah beda aja tampilannya..

  2. inilah hidup yang tidak selalu berjalan mulus tanpa masalah.sesekali wkt adakalanya diselingi dengan problema hidup,,ada baiknya kita belajar ikhlas mjd obat ampuh agar hidup kita lebih bersemangat dan bersyukur atas segala nikmat dan karunia NYA.

    Ayoooo sama2 kita belajar ikhlas atas segala ketetapan NYA,,,baik atau buruk,,,suka atau tidak suka,,,,yakinlah inilah yang terbaik yang Allah tetapkan untuk kita,selama kita terus berusaha dan selalu mengingatNYA:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s