I haven’t gotten the reason yet…

Ku temukan kegagalan lain di hari ini. Semakin aku hidup semakin aku tahu bahwa aku harus banyak mempersiapkan kegagalan itu. Tempaan kehidupan semakin berat kedepan ternyata. Tidak ada yang bisa aku lakukan ketika semua harapan dan doa berubah menjadi apa yang tidak kita inginkan. Ternyata Allah maha diatas segala maha dalam membuat sebuah jalan kehidupan kita yang sangat berwarna. Perlu kah ku tanya Allah akan hal ini? Sepertinya tidak perlu, karena dunia dan kehidupan hanya Allah yang tahu. Kita hanya perlu menyadari ketidakmampuan kita dan ketidaksempurnaan kita sebagai manusia, tetapi kita tidak akan mengetahui seberapa besar ketidak sempurnaan dan ketidakmampuan kita itu sehingga biar Allah lah yang menyempurnakan kehidupan kita dengan caraNya.

Ku melangkah pulang, dengan membawa harapan setengah putus asa dan harapan, langsung ku ingat akan sebuah ayat Allah, Al Baqarah 216 yang intinya menyatakan bahwa,”Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah maha mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui”. Ayat itu yang membuat aku lapang akhirnya, bahwa tidak semuanya yang kita mau ternyata itu baik untuk kita dapatkan. Allah Maha dalam mengatur kebutuhan kita, itu pastinya.

Walaupun aku cukup lelah dengan kegagalan itu, tetapi Allah melihatnya bukan sebuah kegagalan. Walaupun aku cukup bosan melakukan kesalahan yang sama, ternyata Allah melihat nya masih saja berbeda denganku. Walaupun aku akan sangat membenci dengan keadaan ini, ternyata Allah melihat nya dengan ruang lingkup yang berbeda. Pandangan ku dengan pandangan Allah selalu kontradiksi. Tidak salah kalau aku akhirnya mempercayai dan mengakui pandangan Allah yang terbaik untuk hidupku.

Peristiwa ini, mengingatkan aku akan sebuah kejadian ketika aku dibandung sekitar tahun 2007. Setelah tamat sarjana, aku mencari peluang beasiswa, dan saat itu kampus memberikan kesempatan mahasiswa yang telat tamat untuk istilahnya ” Pembibitan Alumni” selama 6 bulan di Bandung. Pembibitan ini untuk memberikan kesempatan kami belajar bahasa inggris, bahasa arab, dan test toefl untuk berangkat kuliah ke luar negeri. Kami berkumpul sebanyak sekitar 25 orang akhirnya mengetahui bahwa ini program bukan untuk beasiswa yang jelas, hanya sebuah program pihak-pihak tertentu mengambil kami sebagai kelinci percobaan mereka. Akhirnya kamu menjalani selama 6 bulan dengan putus asa dan tidak semangat.

2 atau 3 tahun setelah itu baru terbuka hikmah, ternyata pelatihan itu dengan mendapatkat nilai toefl yang memuaskan mengantarkan aku akan sebuah mimpi ke Amerika. Allah memberikan sebuah jalan ternyata…

I haven’t gotten a reason yet about this. It might open a chance some days about what scenario of Allah want from me.

 

10 thoughts on “I haven’t gotten the reason yet…

  1. Rencana Allah memang selalu tak terduga mas. Aku pun mengalami hal yg sama, walaupun ga sampe ke amerika. hahahahaha………

    Mengalami kegagalan2 yg terlihat menyebalkan. namun ternyata menyimpan berjuta rahasia indah di balik itu semua….

    Tetap bersyukur atas semua nikmat dari Nya….. 🙂

  2. Iya neh. Tulisan ini hanya membuka sebuah ruang ingatan akan sebuah janji Allah dibalik semua misteri kehidupan ini.
    insya Allah harus terus bersyukur..

    Love so much having you in this blog

  3. woww,. sudah sampai ke amerika. luar biasa.

    baca postingan ini, jadi inget satu tulisan di buku (tapi begoknya aku lupa buku apa -_-“),. disitu ditulis,

    kehidupan bukanlah jalan yang lurus dan mudah dilalui
    dimana kita bisa bepergian bebas tanpa halangan
    namun berupa jalan-jalan sempit yang menysatkan
    dimana kita harus mencari jalan,
    tersesat dan bingung, sekarang dan sekali lagi
    kita sampai pada jalan yang tidak berujung
    namun jika kita punya keyakinan,
    pintu pasti akan dibukakan untuk kita,
    mungkin bukanlah pintu yang selalu kita inginkan,
    namun pintu yang akhirnya akan terbukti terbaik untuk kita
    -AJ Cronin-

  4. jadi ingat dengan ceritaku juga ni bang iqbal..kegagalan pula yang akhirnya mengantar kan ku sampai ke sudah…setiap kejadian ada hikmahnya..setiap yg kita anggap bak blm tentu dimata allah baik pula, karena allah lbh tau apa yg terbaik untuk hambanya …… (mmm bijak bacut lon coment uroe nyoe haha)

  5. Hari semakin hari kita di bentuk oleh keadaan, keadaan yang pada akhirnya kita mengetahui kita membawa tidak ada apa-apanya di dalam kehidupan ini. Untuk satu urusan saja kita tidak bisa. Insya allah semua akan jelas ketika mau melihat

  6. nice post mas iqbal….
    kemarin aku baru aja gagal jugaa..hahaha..beasiswa ke Qatar cm gara2 hape aku bunyi pas tes,,hiks,,sedihnyaaa…..gagal krn hal kecil yg menyebalkan…
    tapi semua pasti ada hikmahnya…
    semangat mas…
    chin up..n u have to move on…^_^

  7. “Ada yang terbaik yang dipersiapkan-Nya dari sebuah kegagalan yang dialami”… Sepertinya itu yang selalu jadi penghibur saya ketika apa yang saya inginkan tak terpenuhi… ^^

Leave a Reply

