Si Jek dan Si Bal …

Kok bisa ya, Jek? Kalau udah bau bau awal semesteran gini, terasa badan dan semangat ini melayang aja ntah kemana. Padahal aku udah menghabiskan waktu sebulan ga ngapa-ngapain juga di rumah, dan terasa pas kuliah kok badan kayak terasa mau deman gitu ya. Jadi  ga ada semangat gitu untuk nuntut ilmu. Tahukan orang sakit yang kejedot pintu terus kena demam, muntah-muntah dan baru di pecat dari pekerjaanya. Ya beda-beda tipis keadaan ku seperti itu kalau kelas semesteran udah di mulai. Hmmm bukannya kuliah itu menuntut ilmu, Bal? Dan bukankah menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim kan?  Elo tahukan kalau kuliah dapat pahala? Kok bisa lemas dan kayak orang sakit ayan aja  sih elo ingetin kuliah.

Ingat pesan orang tua lo tuh, Bal. Orang tua lo banting tulang, bekerja siang dan malam, berdoa siang dan malam, berdoa untuk kesuksesan elo, Bal. Elo ingat kagak akan itu semua ga. Bokap dan nyokap lo matian-matian siang dan malam berdoa agar elo di Amerika baek-baek, iman terjaga, dapat ilmu, pulang-pulang lo bawa gelar, dan ilmu bisa bergune buat nusa dan bangsa. Mereka lakukan itu semua itu ikhlas, Bal.

Jadi gue seharusnya gimana dung? Ya belajar;ah dengan Ikhlas. Kan seperti orang bilang-bilang, Belajar sono biar jadi gubernur. Belajar sono biar jadi President. Nah, kalau gubernur dan President udah ada terus gue belajar untuk apa dung? Arghhhhhhh, dogo banget sih lo Bal, Ya belajar ga mesti harus jadi ini itu. Belajar itu untuk lo bisa hidup di dunia dan akhirat dengan damai. Elo tahu arah yang benar menjalani hidup itu artinya elo udah pada belajar. Ngerti kagak? Iman lo bisa terjaga itu artinya lo udah pada belajar. Ya belajar ga mesti lo pelototin buku dan lo dengerin dosen di kelas. Tetapi ingat!!! Belajar yang terstruktur di kampus itu juga akan membawa arah tujuan hidup lo semakin bagus. Ya maksud gue, selain belajar di kelas, lo kudu belajar pengalaman di Amerika. Ya belajar apapun yang buat lo bahagia deh dan buat lo bisa jadi ilmu dunia akhirat.

Waduh susah juga ya, Orang tua gue udah doain gue, mungkin teman-teman gue juga doaian gue, tetapi itu tadi. Gue kalau ke kampus pinginnya sih nongkrong aja di kantin. Kalau ke perpustakaan paling numpang ngenet doang disana atau  paling numpang tidur siang doang. Kalau belajar, kayaknya gue angkat tangan deh. Terkadang sedih juga sih, Jek, lihat semangat diri semakin lama semakin berkurang. Gue kalau lihat orang Amerika belajar, pengennya gue kayak mereka. Itu dia masalahnya, Jek! Otak dan niat gue ga pernah satu, kayak air dan minyak gitu. Hufffffffff.

Gimana dung? Bantu atau apa gitu dong, Jek.OK, gue bantuin buat elo, Bal. Iqbal kalau udah mulai semesteran biasanya ngapain? Hmmmm, Kalau udah semesteran biasanya gue suka baca-baca kalau awal semesteran, tetapi novel gitu. Arghhhhhhhh, terus buku textnya diapain. Itu dia , kalau baca buku text bisa selesai 3 jam satu paragraph, kalau novel bisa 40 halaman dalam satu jam. Dan susah amir juga di pahami bahasanya, Jek! Jadi yang selama ini lo katanya mau jadi orang pinter, katanya mau bangun negeri waktu pulang nanti, katanya mau ngubah orang-orang diIndonesia? Mana mana, mana kalau begini ceritanya. Hmmm, kalau gitu tenang aja jek, santai aja napa. Gini ya. Banyak tuh orang-orang hebat ga tamat sekolahnya, ga banyak baca buku, ga ini ga itu. Tetapi mereka juga sukses, bisa bangun negara juga mereka. Ya itu kasusnya beda kali, Huffffffffffff, keras kepala banget deh si Bal ini.

Bal, lo kudu ingat ya? Belajar itu bukan untuk siapa-siapa, bukan untuk mak lo bukan juga untuk bokap lo. Allah nyuruh kita belajar untuk kita bisa menghadapi tantangan hidup kedepan. Orang yang tidak pernah belajar tidak akan tahu bagaimana menyelesaikan masalah kehidupannya. Makanya, belajar apapun yang kamu mau Bal. Jangan pernah bosan. Ilmu adalah neutral. Tidak ada yang tidak bisa jadi ilmu kalau kita mau terus belajar. Kalau lo pinter dan bisa bantuin orang, selain lo dapat pahala, dapat uang, dan dapat penghargaan juga dari masyarakat bal.

Ingat ya!!!

Advertisements

4 thoughts on “Si Jek dan Si Bal …

  1. emang ga niat kuliah ke amerika,,,,niatnya nongkrong dikantin,,,,:p,,,,BELAJAR,,,,BELAJAR,,,,biar bisa membangun Nanggroe bang hehhehehehehe,,,,good luck 4 u,,:D

    1. yaudah pulang kampung aja,gausa kuliah lg,,,byk kantin yg asik2 disana bs ngenet grateeeesss lagi,sama sprt pustaka disini:p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s