Story behind FKPA

Perbincangan santai dengan Prof, mereka menyebutnya, menginginkan ku untuk menulis tentang sejarah itu. Aku menyebutnya sejarah karena apapun itu yang menjadi kenangan akan menjadi sebuah sejarah di setiap diri kita. Sejarah menjadi dua definisi ketika itu menjadi kejayaan kita atau menjadi kegagalan masa lalu kita ( Hey come on jangan seserius gitu lah). Pengen cerita aja neh tentang anak- anak FKPA yang udah pada bubaran 4 tahun yang lalu. Ga terasa banget ya waktu memecahkan hubungan kita. Kalau doraemon beneran ada, mungkin kita akan mengulang sejarah 4 tahun itu ya, dan  sekalian kita nobatkan dora emon sebagai anggota baru kita. Kalau pun satu saat kita akan reunion, bisa ga sih kita membua satu hubungan yang persis sama yang pernah kita jalin tahun itu. Kalau aku pribadi sih pengen banget suatu saat, bisa reunion dan anggota FKPA bawa anak dan istri atau suami masing-masing, dan kemudiana anak-anak FKPA di jodohkan gitu. Ya begitukan salah satu mempertahankan silaturahmi antar anggota “ the cycle of FKPA” :D. Jadi hubungan kita akan terus terjalin.

Cerita awal kami dari sebuah kata “Pembibitan Alumni”. Akhir-akhir, kata tersebut menjadi musuh yang kami pendam dalam-dalam karena ketidak jelasan progam itu. Aku sendiri tidak begitu yakin awalnya dengan program itu. Tamat dari kampus dan masih bingung dengan pekerjaan, akhirnya aku mencoba mengikuti semua program-program yang di tawarkan kampus. Apalagi kalau program yang berbau-bau tentang beasiswa untuk kuliah lagi. Mungkin karena kata beasiswa itu, kami dengan 25 orang terhipnotis dengan program itu. Yang kami tahu program itu katanya memberikan kesempatan kami untuk mendapatkan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri dan kami akan di gembleng selama 6 bulan di Bandung untuk diajarkan bahasa Arab dan Bahasa Inggris, yang konon katanya untuk pemantapan bahasa kami sebelum berangkat.

Sesampai di Bandung,  hari pertama pembukaan dan panitia menjelaskan progamnya seperti apa. Semenjak itu senyuman kami berubah murka. Ternyata itu hanya program di mana pihak penguasa sana untuk bisa menghabiskan uang dengan mengambil kami sebagai kelinci percobaan. Derita itu kami mulai semenjak itu sampai 6 bulan kedepannya. Walaupun akhirnya kami mengetahui bahwa program itu juga yang menjadi awal kami menjadi orang sukses dan mempunyai kesempatan belajar ke luar negeri. Pertanyaannya adalah karena program itukah atau apa. Ya mungkin itu jalan Allah kali ya ( positif aja kenapa, pfuhh).

Tidak asyik kalau berbicara FKPA tidak berbicara makhluk aneh yang menggerumuti FKPA. Kami dengan 25 orang berkumpul, berkurang 2 karena mengundurkan diri, dari seluruh Indonesia untuk satu tujuan yaitu belajar TOEFL, belajar bahasa Arab, dan belajar tentang Sejarah Islam ( perasaan kayak beneran mau berangkat aja deh :D). Satu hari ini kami berkumpul setelah shalat magrib di sebuah ruangan. Semenjak di beritahukan programnya seperti apa, karakter kami berubah menjadi manusia bimbang, sedih, MMDS( manusia masa depan suram), khawatir, kesal, pasrah, kecewa, dan marah. Emosi kami berubah total semenjak itu. Kalau di pikir sih punya alasan yang sangat kuat. Karena 6 bulan menjalani program dengan ketidak jelasan dengan meninggalkan keluarga, karir, dan kampong halaman adalah hal yang paling berat mungkin saat itu untuk kami jalani. Karena itu  ada 2 teman kami yang akhirnya mengundurkan diri karena alasan karir dan keluarga, dan selebihnya kami menjalani dengan berat awalnya dan akhirnya kami nikmati saja.

Aku abjadkan saja kali ya untuk mengenal lebih dalam makhluk-makhluk aneh FKPA 07. Arif namanya. Arif Rahman Hakim nama UMPTNnya. Menjadi manusia FKPA yang paling santai menurut ku. Raja grammar ini yang selalu telat masuk kelas ini akhirnya mendiklerasikan menjadi makhluk yang pasrah di akhir program sama sepertiku. Heran aja awalnya, itu anak udah nikah? Perasaan saat itu umur nya masih muda banget deh. Iya satu ketika di membuktikan itu dengan mengirimkan istrinya ke asrama FKPA ( pengirimana itu sengaja atau tidak ya ). Mungkin saja ingin memperlihatkan bahwa dia udah punya istri. Kedatangan istrinya saat itu, sepertinya membuat  para bujang-bujang FKPA terasa terpukul berat, karena  satu hari si Arif pernah mengatakan, “ asyik banget coy nikah itu”. Para bujang-bujang FKPA tersungkung sudah dengan perkataan itu.

Lulusan bahasa Arab ini, cukup aneh mungkin ya bagi ku. Ingat kata aneh disini bukan di artikan macam2 ya, hanya variasi maknanya ja :D. Yang kutahu dia dikelas tidak pernah belajar, pernah sekali aku menuju ke tempat komputernya, ingin membuktikan dia sedang memainkan apa atau sedang kotak katik apa. Tuingggg!!! Kuliat dia membuka situs Cakra ( Cakra Sembung kali :D), cakra apa gitu. Akhirnya baru kutahu itu ada hubungannya dengan tenaga dalam atau tehnik-tehnik pernafasan atau penyembuhan gitu ( benar ga ya, ya udah ntar tanya aja sama si Arif). Dan satu malam dia masuk kekamar ku, memberikan nasehat tentang bagaimana sebuah pernafasan perut yang baik, dan mengajarkan banyak hal.  Bagi ku dia teman luar biasa, walaupun budaya dan kami beda, tetapi persahabatan tidak memandang itu sepertinya.

The king of grammar, kami menjulukinya. Maka tugasnya yang berat di berikan kepadanya saat ujian toefl terakhir kami. Kami mempercayainya menyelesaikan soal grammar saat ujian TOEFL itu, bagi kami soal grammar seperti di TOEFL 2  mengizinkan semua makanan yang sudah kami makan kami muntahkan, sangking terlalu muak untuk kami selesaikan. Sehingga teman-teman yang lain temasuk diriku, ujian toefl saat itu adalah ujian yang tersantai yang pernah aku ikut  tetapi sedikit mengeluarkan keringat dan dentuman jantung-jantung yang menari, karena aku sama sekali tidak membaca dan ribet-ribet memahami soal grammar. Apa yang aku lakukan saat itu adalah  hanya menunggu sms dari teman-teman yang lain yang bersumber dari dia akan jawaban grammar. Luar biasa, teman yang kompak :D.

Bersambung !!!

Advertisements

2 thoughts on “Story behind FKPA

  1. hahahhahaha,,,,,makanya nikah mas:p,,,,berarti masih ada 24 org lg nih yg msk dalam sambungan ceritanya,,,seru nih,,ditunggu cerita makhluk2 aneh lainnya:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s