Ada yang salah?

“Tiba- tiba manusia memperoleh kesadaran tentang keberadaannya yang demikian kecil di hamparan ‘ padang pasir’ semesta raya. Dimana bumi hanya bagaikan sebutir ‘debu’. Dan di atas debu itulah 5 milliar manusi hidup dengan segala kesombongannya” Agus Mustafa.

Pikiran kita begitu tumpul untuk memahami  apa yang telah Allah ciptakan kepada kita. Kita begitu kerdil memahami ilmu Allah yang serba luar biasa besarnya. Tapi bukankah Allah  memberikan kita akal, mata, telinga untuk melihat, memahami dan menyadari? Patut kita akui bahwa kesadaran kita akhirnya terhalang karena kesombongan dan keegoan yang kita ciptakan sendiri. Keegoan yang hanya sekedar memenuhi keinginan nafsu untuk dipuji dan di hargai. Tidak heran, kalau pada akhirnya semua ini membawa kita akan kedangkalan pemahaman akan kebesaran ciptaan Allah.

Disini dibutuhkan pemahaman kita sebagai manusia yang dhaif yang masih dan harus terus belajar memahami siapa dan bagaimana Allah itu. Dan, bagaimana bisa Allah menciptakan tetapi tidak berharap. Kita tidak butuh memahami Dzat nya Allah, tapi  pahamilah apa yang telah Allah ciptakan ke kita. Dan tidak ada satu pun ciptaan-Nya yang tidak di peruntukan untuk manusia. Sadih dan kecewa memang kalau persembahan yang terbaik Allah kadang-kadang kita balas dengan sikap acuh tak acuh atas perintah Allah.

Mungkin tidak ada istilah IQ jenius kalau hanya bisa mengerti bagaimana mengotak-atik rumus dan tumpul dengan ilmu Allah. Kita tidak butuh ahli-ahli kalau hanya bisa berbicara tidak bisa berbuat. Lagi dan lagi, disini letak kerendahan kita sebagaimana manusia. Bagaimana kita bisa sombong kalau ilmu Allah kita pahami hanya secuil saja. Bagaimana kita bisa angkuh ketika kita tidak punya apa-apa dalam memerankan hidup ini.

Kembali mengingat!!!

Advertisements

7 thoughts on “Ada yang salah?

  1. karena manusia sering merasa bahwa dialah yg plg pintar,plg hebat,paling kaya…paling…….paling…….sehingga ujung2nya mjd sombong,kita sering terlupa kalau semua yg ada pada kita hanya titipan-NYA yg kapan pun DIA berkehendak dapat diambil kembali…smg bs mjd perenungan utk introspeksi diri..

  2. For All : Iya kita bagian dari 5 milliar yang menebar kesombongan dalam menjalani hari-hari kita.
    Mudag-mudahan ini bisa menjadi peringatan bahwa kematian datang, kesombongan hanya tinggal kenangan dan nama yang tidak ada arti..

    Thanks semua!!!

  3. Allah menganugerahi kekurangan kepada manusia pasti ada saratnya. Pun dengan saya yang banyak kekurangan, Semoga Allah selalu menuntun kita. Amin 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s